Hestegblog

Temukan Tips Kesehatan, Gaya Hidup Sehat dan Ekonomi Sehat

Thursday, March 22, 2018

Haramkah Bank Konvensional, Halal Kah Bank Syariah ?

Perdebatan mengenai halal atau haram nya bank konvensional adalah sebuah topik yang sangat menarik untuk dibahas bahkan topik ini menjadi perdebatan bahkan sesama ulama.


Bank konvensional yang sudah tancap gas duluan di tanah air tentu saja tidak mau menerima cap haram dengan semena mena,
Di sisi lain ekonomi syariah terutama berbasis perbankan mulai unjuk gigi di pasar perbankan tanah air dengan bermoto kan simpan pinjam halal.


Konsep perbankan syariah sendiri mulai ngetrend saat Inggris yang merupakan Nagara non muslim sukses dalam menghadapi permasalahan ekonomi dunia yang tidak stabil dengan menggunakan suku bagi hasil perbankan syariah
Mulai sejak itu lah ide bank syariah mulai berkembang di tanah air, sebut saja bank Muamalat yang berani berdiri sendiri dengan menggunakan prinsip bagi hasil .


Lantas apa benar bank konvensional itu haram ?


Sebenarnya untuk mengatakan bank konvensional halal tentu saja tidak berdasar karena sudah jelas dalam hukum Islam konsep ' bunga dan riba ' adalah sebuah hal yang benar benar terlarang.


Apa yang sebaiknya menjadi pertanyaan saat ini bukan lah tentang ' apa benar bank konvensional haram ' ?
Melainkan, " apa benar bank syariah halal " ?


Ketika menggemakan konsep halal haram pada perbankan seolah-olah mengingat kan kita tentang kasus penistaan agama yang di lakukan oleh Ahok


Kenapa Ahok ?
Ya, saat melakukan penistaan agama tentu saja Ahok salah, namun tentu saja semua sadar bahwa kesalahan Ahok nyatanya benar benar dimanfaatkan oleh salah satu calon gubernur lain untuk mendongkrak elektabilitas nya.


Hal serupa dan senada terjadi dengan perbankan di Indonesia, saat bank konvensional di labeli dengan status haram maka menjadi kesempatan perbankan syariah untuk mendongkrak posisi mereka di ranah perbankan tanah air.


Jika kita kembali ke pernyataan awal " apa benar bank syariah itu halal " ?


Maka "pendukung" bank syariah pasti akan mengatakan bahwa bank syariah halal,
Namun " Takaran " halal itu seperti apa sih ?
Apa yang membuat mereka merasa bahwa mereka adalah yang benar .?


Jawaban nya selalu sederhana
1. Mereka tidak menggunakan bunga


 perbankan syariah kita mengenal dengan konsep " bagi hasil " dan yang jelas konsep ini tentu saja adalah sebuah hal yang halal.
Namun apa benar konsep bagi hasil yang mereka jalan kan atau jangan-jangan metode pelaksanaan bagi hasil dan bunga sama saja alias ganti sampul.


Ini yang harus kembali dipertimbangkan jika mereka ingin di cap sebagai perbankan halal


2. Adanya sistem akad
Lo ada akad atau gak ada akad dimana sih bedanya ?
Dalam Islam setiap jual beli harus menggunakan akad, akad sendiri tidak harus selalu formal, karena ketika anda berbelanja permen sekalipun secara tak langsung ada sudah melakukan sebuah akad jual beli.


Dan yang pasti akad tidak akan merubah yang haram menjadi halal.
Ini lah yang harus benar benar di pahami

No comments:

Post a Comment